Minggu, 14 Juni 2015

Do it Yourself #DIY

Membuang waktu dengan membuat sesuatu yang lebih berguna. Bertambah lagi hobi baruku. Banyak orang menyebutnya #DIY atau Do it Yourself yang artinya bikin sendiri. Barang apapun bisa di daur ulang atau sekedar di tambah aksesoris sana sini.

Awalnya cuma bikin buat properti foto aja tapi lama kelamaan nagih yang lain lainnya. Bikin craft dari beberapa barang kosan sampai barang rumah yang kelihatannya terlalu polos untuk dilihat mata. Meskipun hasilnya tidak terlalu artistik secara bukan desainer tapi bolehlah buat nambah hobi baru.

1. Pink Charger 
Bagi yang bosen sama charger yang gitu gitu aja bisa tuh pake washitape lucu-lucu. Washitape, sejenis isolasi motif yang lagi trend dikalangan para pecinta #diy. Motifnya banyak banget mulai dari renda-renda yang aku pake sampe gambar-gambar lucu. Bisa beli di gramed-gramed terdekat atau di online shop dengan harga kira kira 10 sampai 20ribu per piece.


2. Headset Polkadot
     Pas nganggur bisa nih pake kutek buat main main. Cukup pake kutek yang dipunya + headset yang polos kemudian bisa dicat sesuai selera. Jadi deh kayak di gambar. So simple...


3. Jepit Tampak Baru
Masih sama kayak yang di atas. Cuma butuh kutek + jepit warna putih terus dioles olesin sesuka hati. Bagi yang susah dapet inspirasi, mudah kok tinggal download aplikasi Pinteres, searching- searching craft yang mau di buat kayak apa. 


4. Flower Ball
Aku cuma butuh wadah bentuk bola yang bisa didapetin dari wadah body creamnya oriflame + bunga-bungaan plastik yang kebetulan bekas dari flower crown yang nggak terpake lagi. Untuk alatnya bisa pake lem tembak. Mudah dan bisa di taruh di meja kecil.


5. Love Bottle
Untuk hiasan meja belajar nggak melulu harus bunga juga, bisa pake botol bekasnya UC1000 + kertas karton nganggur + sisa pengharum ruangan buat bulet-buletnya. Semuanya bekas kok nggak perlu beli baru :) 


6. Letter Love 
Siapa bilang surat cinta harus pake amplop. Kali ini aku bikin yang lebih lucu biar nggak bosen. Bikin sama temen biar nggak kesepian. Pake kertas bekas biar lebih hemat. Ada washitape renda untuk mempercantik gulungannya + wadah toples. Kalau meja udah nggak cukup bisa dikasi ke temen sebagai kartu ucapan yang nggak harus bentuk surat. Cewek kan suka barang yang lucu - lucu.


7. Jepit Mini
Aku nemu 2 jepit mini ini di kolong meja. Sayang kalo di buang akhirnya dimodif dikitlah. Pake lem tembak + pernak pernik bunga. Niatnya aku kasih keponakan tapi keponakan nggak tawar rambutnya dikasi beginian. Berfungsi juga buat pembatas buku, biar nggak kartu indosat mulu yang jadi pembatasnya hehe.


8. Pop Up Card
Pop Up Card jadi salah satu favoritku. Yang ini, aku bikin sama temenku buat pacarnya yang lagi ulang tahun. Berharap si cowok ngasi ginian ke cewek tapi ini kebalik. Okelah aku bagian bantuin bikin beginian. Hasilnya memuaskan. Biasanya ukuran normal sih sebesar kartu ucapan biasa tapi yang ini, Pop up cardnya sebesar 2 kali A3 dan dilipet mirip buku. Kalo dibuka muncullah balon balon + kata-kata happy birthday yang menggantung-gantung. Pop up card ini pada dasarnya kayak 3D gitu. Kalo dibuka kartunya nanti bisa muncul gambar atau tulisan yang ingin di pop. Bisa dijadikan ladang bisnis nih supaya kartu ucapan nggak melulu flat gitu gitu aja.  Ada yang mau pesan? Hehe.


9. Dompet Plastik
Kalau yang ini mungkin udah banyak yang tau. Terbuat dari botol-botol plastik yang dipotong terus di gabungin menggunakan resleting. Jadilah dompet buat uang receh. Tapi yang ini aku bikin sama juga dari botol fanta bekas gitu. Dekornya biar nggak polosan aku beri lilitan benang wol putih terus aku cat air. Biar makin cantik di tambah kancing-kancing di atasnya. Bisa dibuat celengan juga. Cuma menghabiskan uang Rp. 3800 aja buat beli resleting+kancing. Terkadang nggak semua craft yang dibikin bekas secara keseluruhan, kalo mau makin rame ya perlu uang lebih. Bisa dengan menyisakan uang, bikin beginian nggak sampe makan uang ratusan ribu kok. Mentok 50ribu, yang bikin agak mahal adalah alatnya, macam lem tembak.


10. Magnet Kulkas
Jangan sungkan-sungkan menghalangi teman yang akan membuang sesuatu, yang baginya nggak berguna. Jadi ceritanya, ada beberapa magnet-magnet kecil yang bagi temenku si Hanip nggak tau mau diapain. Dari pada dibuang mending buat aku aja. Sayang kalau dibuang bisa bikin magnet kulkas. Gimana caranya? Menggunakan tutup botol bekas kemudian aku kasih aksen warna-warna dari kutek + kertas bentuk bunga yang aku gunting buat tutup bagian bawah, sebelumnya aku kasih cat air warna merah biar lebih menarik minat. Lumayan Raisya, keponakanku suka dan kulkas jadi nggak tampak kosong. 



10 benda yang bisa dibuat sendiri di rumah. Do it yourself !. Sebenernya masih banyak sih yang bisa aku share, mungkin di postingan selanjutnya. Pesanku sih jangan sia siakan barang yang masih berguna. Kalau bukan kita yang memulai untuk kreatif siapa lagi? Cuma butuh telaten aja, kalau soal inspirasi bisa didapatkan di situs-situs web DIY salah satunya di Pinteres. Banyak dari Pinteres yang membuatku memperoleh inspirasi. Karya lain biasanya aku posting di ig : indahivo

Ingat kalo bukan kita yang memulai untuk kreatif siapa lagi?

By : Indah
Photo by : Henpina Asus Z6





Tidak ada komentar:

Posting Komentar