Minggu, 24 Februari 2013

Harga mati kebahagiaan


Kadang tak semua perasaan bisa diungkapkan melalui kata-kata tapi bisa melalui tulisan misalnya. Pernah tidak bertemu dengan seseorang yang dilingkungan luarnya pendiam tapi didunia mayanya rame banget tu anak? Sibuk nulisin sesuatu apapun itu, entah status, entah artikel, entah cerpen bahkan novel yang ngadat? Ya itu saya sekarang hahaha. 20 tahun berlalu dengan berbagai kisah kejut tiada tara. Tak pernah berfikir bahwa aku akan punya hobi menulis dari pada bicara. Terlalu sibuk mengamati malah.

Setiap kata itu memiliki nyawa yang bermakna
Memendam setiap arti yang membahana jika disatukan dengan kata lainnya. 
Lalu saling terkait menjadi arti lain. 
Katapun dapat menggubah mood menyadur kesendirian menjadi keramaian.
Hanya aku dan kata

Kira kira seperti itulah, mulai menulis sejak SMA, fanfiction(FF) terutama. Dimana saya harus me-remake cerita yang sedang booming tidak sesuai alur. Kadang kita merasa nggak puas sama cerita yang diceritakan maka saya rubah cerita tersebut tanpa harus membuat karakter lagi. Serukan hehe
Aku lupa cerita pertama yang kubuat yang jelas saking freaknya aku sama nulis, hampir semua aku tulis tangan. Ini ada beberapa list cerita yang aku bikin dulu bener-bener sangat dulu, beberapa ada yang terjadi dikehidupanku secara kebetulan *karma penulis mungkin* :

1. Behind the scene of Naruto
Ini sampe 9 part. Sama seperti judulnya dibalik pembuatan shooting Naruto dan kehidupan asli pemeran Naruto itu seperti apa. Genrenya komedi. Bentuk fanfiction berupa naskah, ketikannya masih alay. Dan itu berhasil menggebrak dunia fanfiction karena baru aku yang bikin FF dijadiin naskah <- out of standart per-fanfiction-an :p yang pingin baca mungkin ada di fanfiction.net
2.  Gunner Island
Kisah fantasi full action minim romance. Bentuknya tulis tangan. Latarnya Korea. Sad ending. Ceritanya tentang the power of bullet gitu. Perebutan kekuatan untuk menjadi penembak yang tak terkalahkan dalam suatu organisasi pembunuh bayaran hueee...
3. Memories of Blank Girl
Ini kisah cinta cewek buta yang jadi model. Dihadapkan oleh 1 cowok masa lalu yang datang lagi dikehidupannya sama 1 cowok yang sekarang jadi pacarnya. Hayoo pilih mana :p tapi akhirnya si cewek pilih yang lama karena yang pertama yang lebih berkesan :"). Bentuknya cerbung (cerita bersambung). Tulis tangan. Paling disukai sama sahabat penaku si fika wardhani. Miss u darla~ :")
4. Remix of love
Fanfictionnya manga furuba. Genre komedi romantis. Berhasil membuat perut teman-teman ngakak tapi :). Bentuknya tulisan tangan.
5. The named i love
Fanfictionnya Shinee sama super junior. Kisah perjodohan alias cinta yang dipaksa berujung pada perselingkuhan. Sad ending. Rencananya mau aku recover lagi kayaknya seru. Genre romantis. Latar Korea.
6. My stronger bodyguard
FF super junior. Didedikasikan buat Putria Hanggarita alias Emmet :D my bestie GSC (genk waktu SMA ceritanya) yang waktu itu kita berpisah karena dia harus ke JKT :"( aku nggak bisa nganter ke bandara jadi aku bikinin cerita sebagai permohonan maaf. Ceritanya tentang percintaan artis sama bodyguardnya. Genre komedi romantis. Happy ending. Latarnya Korea.
7. Supergirl vs Wonderboy
FF Superjunior kolaborasi sama GSC hahaaha ini pertamanya juga FF dikolaborasiin sama penulis dan genknya sendiri masya allah *terharu*. Itu pertama kalinya aku pake nama Korea dengan nama Hyu Ne Ko (kucing -__-") tapi sukses membuat saya kelimpungan karena tiba tiba orderan FF bergelimpangan. Dan mulailah ada deadline buat nulis. Sungguh asik emank :D. Genre komedi romantis. Ceritanya soal percintaan antar asrama cowok sama cewek dibumbui pertengkaran dan kegaduhan. Latar korea. Happy ending.
8. Sakura in Desire
Kisah sakura yang dijodohkan ibunya yang sudah meninggal. Masih FF Naruto, genre romance. Kolaborasi sama Fruit basket. Latar jepang. Happy ending
9. Bandit of Konoha
Kisah bandit di konoha yaitu Sakura dan Naruto. Naruto suka Sakura tapi Sakura suka Kakashi yang saat itu posisi Kakashi menjabat sebagai kepala kepolisian di Konoha. Genre action romance. Sayangnya sayangnya sayangnya FF ini ngadat tengah jalan hahaha *nyesek*
10. Vittoire

Cerbung. Tulis tangan. Kisahnya vampir 
.__. Jadi itu masa dimana twilight lagi booming pas kelas 2 SMA tepatnya. Jadi bikin deh itu cerita. Happy ending donk. Tulisan tangan tapi. Genre action romantis.

11. Aku dan Habibah
Cerpen kisah persahabatan. Yang ini nih awal mula aku nulis tentang pengalaman pribadi tapi dicampur fiksi dikit buat mendramatisir. Ceritanya soal awal persahabatan antara anak cheers sama paskibra. Konfliknya konflik remaja SMA biasa hehe. Happy ending. Latar Indonesia. Didedikasikan buat Habibah :) aku coba ngirin cerpen ini kesalah satu media supaya bisa dibaca kamu beb tapi nggak masuk :( Maaf yah...
12. CPR (Cheers Push Russel)
Novel ngadat padahal udah 100 halaman A5. Aku sudah menyerah soal ini. Kalaupun aku lanjut akan kubuat sad ending aja dan tidak untuk dikenang wkwk *kejam*. Ceritanya cowok pecinta fotografi suka sama kapten cheers. Cowok cupu yang dengan usahanya menggapai cinta si cewek tapi si ceweknya mati pada akhirnya, gitu aja deh endingnya hahaha. Genre romantis. Latar western.
Beberapa cerita yang kubuat semuanya fiksi, tak pernah ku coba untuk memberi sentuhan pengalaman pribadi didalamnya karena takut tercampur dengan emosi yang menggebu.
Kemudian insiden terjadi, aku rehat dalam urusan tulis menulis sejak aku kuliah kira kira selama 2 tahun. Semacam aku dibelenggu oleh keadaan yang tak perlu dibahas. Banyak kisah yang tidak bisa tertuang dalam tulisan. Perlu pengadaptasian untuk memulai segala semangatku untuk menulis.
Then, aku sekarang mulai kembali kedunia ini, dunia yang menjadi harga mati kebahagiaanku dalam berimajinasi. Seseorang tanpa perlu menyuruhku untuk menulis aku tiba tiba mendapat semangat menulisku kembali. Dengan tema atau genre tulisan yang berbeda malah. Wow.. Siapakah sosok itu? Terima kasih sayur :)
Sekarang malah bikin puisi puisi, mengais kembali ilmu ilmu lama yang terlupakan. Belajar dari awal lagi. Memulai tulisan tulisan pendek dulu seperti puisi lalu mengkombinasikan puisi dengan lagu, dialog singkat dengan lagu atau puisi. Penambahan unsur pengalaman pribadi yang awalnya sulit diutarakan pada akhirnya mengalir begitu saja.

Menggembirakan menyapa kembali tulisan lamaku
Membuka lembaran kusam penuh kenangan yang menghibur
Diriku yang dulu memang hidup dibalik kata kata
Bertekuk lutut dhadapan pena dan kertas
Autis julukan yang tepat
Menulis adalah harga mati kebahagiaanku

Tidak ada komentar:

Posting Komentar